Tip desain stiker untuk pemula

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis. Dari beriklan di jejaring sosial hingga mendistribusikan brosur. Produk dapat dipromosikan melalui stiker. Desain stiker yang eksklusif akan menarik calon konsumen. Apalagi jika stiker tersebut merupakan hasil proyek sendiri. Berencana membuat desain dan cetak stiker murah? Datang dan lihat beberapa saran.

  1. Pilih dan gunakan aplikasi desain yang tepat
    Saran pertama yang dapat Anda berikan untuk membuat label stiker adalah memilih dan menggunakan aplikasi desain yang tepat. Ada banyak sekali jenis software desain grafis yang bisa digunakan untuk membuat desain, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, CorelDraw, GIMP, Microsoft Publisher atau InkScape.

Pilih aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki hasil gambar yang tidak seperti font atau masalah saat membuka file atau file di komputer. Selain itu, pastikan aplikasi tersebut dapat menyimpan file desain sebagai PDF atau EPS.

  1. Fokus pada penggunaan perdarahan
    Tip selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan perdarahan. Ada ruang tambahan di luar ukuran pada halaman bleed (clipboard). Tambahkan bleed minimal 1/8 inchi dengan hasil design untuk menghitung agar perubahan stiker atau potongan stiker lebih jelas

Tujuan menambahkan bleed bukanlah untuk membuat irisan putih di sekitar tepi gambar. Jika Anda memotong stiker atau label tanpa bingkai dan stiker dengan latar belakang berwarna, proses pencetakan umumnya akan menggunakan bantalan putih di sekitar area sehingga bagian-bagian desain terpotong secara tidak sengaja.

  1. Mengidentifikasi dan memahami jenis konten
    Saran berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah membiasakan diri dan memahami jenis bahan stiker. Stiker atau stiker berisi berbagai macam bahan, seperti stiker vinyl (selotip), stiker transparan, stiker original, stiker scotchlight, stiker satu sisi, stiker chroma, dan stiker HVS. Pemilihan bahan tergantung pada metode pencetakan yang akan berdampak pada tampilan atau hasil stiker.

Apakah stiker akan digunakan di dalam atau di luar ruangan? Apakah stiker membutuhkan cat atau laminasi untuk melindungi desain? Apakah hasil akhir label atau detail dapat dilepas atau permanen? Semua pertanyaan ini harus dijawab sebelum memilih jenis bahan untuk desain stiker.

  1. Buat desain sederhana
    Saat membuat stiker, pastikan desainnya sederhana. Ini bisa menarik perhatian banyak orang. Desain sederhana juga meningkatkan pencetakan. Kesalahan pencetakan juga dapat dikurangi.
  2. Pilih kombinasi warna yang tepat
    Memilih warna yang tepat untuk desain Anda adalah nasihat berikutnya yang perlu dipertimbangkan saat merancang label atau label produk. Kesalahan dalam memilih warna akan berakibat pada desain yang jelek.

Jika Anda menginginkan produk dengan warna yang “mencolok”, carilah label atau label produk dari pesaing yang berbeda. Gunakan warna yang paling umum digunakan pada label produk. Pertimbangkan juga untuk memilih kuning dan merah. Kedua warna tersebut memiliki efek ceria dan menarik sehingga calon konsumen bisa lebih fokus mempromosikan produk pada stiker.

  1. Pilih surat yang benar
    Selain memilih warna, pemilihan font juga penting untuk membuat desain stiker yang menarik. Anda bisa berkreasi dengan berbagai jenis huruf. Namun memilih huruf yang mudah dibaca lebih efektif daripada memilih huruf yang rumit dan sulit dibaca.
  2. Fokus pada keputusan
    Tip terakhir yang bisa diterapkan saat mendesain label stiker adalah memilih akurasi. Hasil desain resolusi lebih rendah akan menimbulkan masalah saat mencetak dengan ukuran lebih besar.

Sebaliknya, jika hasil desain besar dicetak sebagai label stiker, hal ini akan berdampak pada kualitas gambar yang buruk dan tepi stiker stiker yang kabur. Untuk menghindari kedua masalah tersebut, setel desain proyek ke file 350 dpi.

Berikut beberapa tips membuat stiker untuk pemula. Kami berharap tip ini akan membantu Anda membuat desain stiker yang sangat bagus dan berkualitas tinggi. Tentunya semua tip tersebut harus diterapkan untuk menghasilkan desain yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *