Tujuan Qurban Dan Akikah

Aqiqah jakarta selatan – Berdasarkan fatwa diatas, kurban dan akikah tidak dapat disatukan niatnya, karena bukan bisanya disatukan antara berniat kurban dengan niat akikah. Perdebatan lahir dari perbedaan tentang bolehkah melakukan satu ibadah untuk dua tujuan (Tashriiku al-Niyyah fi al-‘Ibaadah). Tata cara aqiqah selanjutnya adalah memberi nama dan mencukur bayi. Dalam ajaran menurut Islam, orang tua haruslah memberikan nama yg bagus dan baik kepada anak mereka. Nama dalam diberikan pada anak jadi mencerminkan akhlak dan imannya nanti.

Tuk syarat kambing yang jadi disembelih, baik untuk laki – laki dan perempuan haruslah kambing yang bermutu dari segi usia serta jenis kambingnya. Hewan qurban yang digunakan harus sehat dan bebas dari penyakit dan cacat.

Secara syara’ aqiqah berarti memotong kambing dalam rangka mensyukuri kelahiran sang bayi yang dilakukan pada hari ketujuh dari kelahirannya. Hal ini menjadi pengamalan terhadap sunnah nabi dan bukti bahwa kamu mengikuti tradisi yang baik umat Islam terdahulu. Sebelum Islam datang, orang arab biasa mengaqiqahkan anak mereka. Nabi mengubah Aqiqah menjadi salah satu acara sosial serta melarang perbuatan bid’ah dalam aqiqah.

Hikmah dalam melakukan acara aqiqah pada anak adalah ialah bentuk taqarrub kepada Allah yang juga bisa diartikan sebagai wujud rasa syukur atas karunia berupa bayi yang lahir. Aqiqah pun dianggap sebagai sarana buat membagikan rasa bahagia yang didapat oleh orang tua dan keluarga bayi mengoperasikan syari’at Islam.

Sangat dianjurkan dilakukan oleh orangtua andai anaknya lahir ke negara. Menyembelih satu kambing buat perempuan dan menyembelih 2 kambing untuk anak laki-laki. Jadi, daging aqiqah haruslah daging yang berasal dri hewan yang disembelih. Memilih daging dan memaksudkannya sebagai daging aqiqah berarti bertentangan dengan syariat aqiqah itu sendiri. Meskipun berat daging yang dibeli sama melalui berat 1 – 2 ekor kambing untuk aqiqah.

Berdasarkan hadist dari Ummu Karaz yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dan Imam Ahmad, untuk anak perempuan disembelihkan satu ekor kambing dan untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing. Hewan untuk jenis kibsy nan sehat umur minimal setengah tahun dan kambing jawa minimal satu tahun. Untuk putra laki-laki dua ekor, serta untuk anak perempuan 1 ekor, tetapi jika bukan mampu maka 1 ekor kambing untuk akikah buah hati laki-lakinya juga diperbolehkan serta mendapat pahala.

Akan tetapi, perlu dimengerti bahwa aqiqah dilakukan menjadi bentuk rasa syukur lalu niat menjalankan Sunnah. Dikarenakan itu, penyembelihan yang dilakukan haruslah sesuai dengan syarat akikah yang telah diharuskan oleh syariat Islam. Serta hal ini tidak persis dengan menyembelih kambing untuk kebutuhan konsumsi biasa.

Fantasy – Dalam Islam, afin de orangtua dianjurkan untuk mengakikahkan putra putrinya, \ menyembelih kambing. Dua kambing untuk laki-laki dan satu kambing untuk anak perempuan. “Dzahir pendapat ulama Syafi’iyah bahwa jika seseorang meniatkan 1 kambing untuk kurban sekalian akikah maka tidak dapat mendapatkan salah satunya. Hal ini karena masing-masing merupakan ibadah tersendiri. ” (Tuhfatul Muhtaj, 9/371).

Untuk hukum mencukur rambut sendiri, para ulama berpendapat bahwa hal ini hukumnya sunnah. Acara aqiqah adalah acara keagamaan yang memiliki kaidah – kaidah tertentu yang sesuai oleh hukum Islam. Meskipun besarnya hewan yang dikurbankan bertentangan untuk laki – laki dan perempuan, ketentuan dan urutannya sama saja.Jika kalian bingung mencari aqiqah murah dan terpercaya kalian tinggal menghubungi kami di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *